kecilkan semua  

Teks -- Ayub 38:1-38 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kekuasaan TUHAN di alam semesta
38:1 Maka dari dalam badai TUHAN menjawab Ayub: 38:2 "Siapakah dia yang menggelapkan keputusan dengan perkataan-perkataan yang tidak berpengetahuan? 38:3 Bersiaplah engkau sebagai laki-laki! Aku akan menanyai engkau, supaya engkau memberitahu Aku. 38:4 Di manakah engkau, ketika Aku meletakkan dasar bumi? Ceritakanlah, kalau engkau mempunyai pengertian! 38:5 Siapakah yang telah menetapkan ukurannya? Bukankah engkau mengetahuinya? -- Atau siapakah yang telah merentangkan tali pengukur padanya? 38:6 Atas apakah sendi-sendinya dilantak, dan siapakah yang memasang batu penjurunya 38:7 pada waktu bintang-bintang fajar bersorak-sorak bersama-sama, dan semua anak Allah bersorak-sorai? 38:8 Siapa telah membendung laut dengan pintu, ketika membual ke luar dari dalam rahim? -- 38:9 ketika Aku membuat awan menjadi pakaiannya dan kekelaman menjadi kain bedungnya; 38:10 ketika Aku menetapkan batasnya, dan memasang palang dan pintu; 38:11 ketika Aku berfirman: Sampai di sini boleh engkau datang, jangan lewat, di sinilah gelombang-gelombangmu yang congkak akan dihentikan! 38:12 Pernahkah dalam hidupmu engkau menyuruh datang dinihari atau fajar kautunjukkan tempatnya 38:13 untuk memegang ujung-ujung bumi, sehingga orang-orang fasik dikebaskan dari padanya? 38:14 Bumi itu berubah seperti tanah liat yang dimeteraikan, segala sesuatu berwarna seperti kain. 38:15 Orang-orang fasik dirampas terangnya, dan dipatahkan lengan yang diacungkan. 38:16 Engkaukah yang turun sampai ke sumber laut, atau berjalan-jalan melalui dasar samudera raya? 38:17 Apakah pintu gerbang maut tersingkap bagimu, atau pernahkah engkau melihat pintu gerbang kelam pekat? 38:18 Apakah engkau mengerti luasnya bumi? Nyatakanlah, kalau engkau tahu semuanya itu. 38:19 Di manakah jalan ke tempat kediaman terang, dan di manakah tempat tinggal kegelapan, 38:20 sehingga engkau dapat mengantarnya ke daerahnya, dan mengetahui jalan-jalan ke rumahnya? 38:21 Tentu engkau mengenalnya, karena ketika itu engkau telah lahir, dan jumlah hari-harimu telah banyak! 38:22 Apakah engkau telah masuk sampai ke perbendaharaan salju, atau melihat perbendaharaan hujan batu, 38:23 yang Kusimpan untuk masa kesesakan, untuk waktu pertempuran dan peperangan? 38:24 Di manakah jalan ke tempat terang berpencar, ke tempat angin timur bertebar ke atas bumi? 38:25 Siapakah yang menggali saluran bagi hujan deras dan jalan bagi kilat guruh, 38:26 untuk memberi hujan ke atas tanah di mana tidak ada orang, ke atas padang tandus yang tidak didiami manusia; 38:27 untuk mengenyangkan gurun dan belantara, dan menumbuhkan pucuk-pucuk rumput muda? 38:28 Apakah hujan itu berayah? Atau siapakah yang menyebabkan lahirnya titik air embun? 38:29 Dari dalam kandungan siapakah keluar air beku, dan embun beku di langit, siapakah yang melahirkannya? 38:30 Air membeku seperti batu, dan permukaan samudera raya mengeras. 38:31 Dapatkah engkau memberkas ikatan bintang Kartika, dan membuka belenggu bintang Belantik? 38:32 Dapatkah engkau menerbitkan Mintakulburuj pada waktunya, dan memimpin bintang Biduk dengan pengiring-pengiringnya? 38:33 Apakah engkau mengetahui hukum-hukum bagi langit? atau menetapkan pemerintahannya di atas bumi? 38:34 Dapatkah engkau menyaringkan suaramu sampai ke awan-awan, sehingga banjir meliputi engkau? 38:35 Dapatkah engkau melepaskan kilat, sehingga sabung-menyabung, sambil berkata kepadamu: Ya? 38:36 Siapa menaruh hikmat dalam awan-awan atau siapa memberikan pengertian kepada gumpalan mendung? 38:37 Siapa dapat menghitung awan dengan hikmat, dan siapa dapat mencurahkan tempayan-tempayan langit, 38:38 ketika debu membeku menjadi logam tuangan, dan gumpalan tanah berlekat-lekatan?
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ayub a man whose story is told in the book of Job,a man from the land of Uz in Edom
 · bintang Belantik a constellation of stars
 · bintang Biduk a constellation
 · bintang Kartika a constellation of stars


Topik/Tema Kamus: Ayub | Bintang | Awan | Gelap, Kegelapan | Laut | Terang | Bumi | Pagi | Daun-Daunan | Ilmu | Kirbat Atau Botol | Meterai | Pancar, Pancaran Air Dan Mata Air | Malaikat | Cipta, Ciptaan | Bulan | Badai | Gurun | Air | Minta-Kulburuj | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ayb 38:1 - TUHAN MENJAWAB AYUB. Nas : Ayub 38:1 Allah sendirilah yang menyapa Ayub. Ia menyatakan ketidaktahuan Ayub akan peranan ilahi di dalam segala kejadian itu. Ia merendahka...

Nas : Ayub 38:1

Allah sendirilah yang menyapa Ayub. Ia menyatakan ketidaktahuan Ayub akan peranan ilahi di dalam segala kejadian itu. Ia merendahkan Ayub dengan mengungkapkan betapa sedikitnya pemahaman dan pengetahuan manusia tentang Yang Mahakuasa. Akan tetapi, melalui tanggapan Allah Ayub menerima penyataan langsung dari Allah mengenai kehadiran, kemurahan, dan kasih-Nya.

  1. 1) Doa Ayub yang terus-menerus dan kerinduannya yang mendalam untuk mendapatkan Allah akhirnya terjawab

    (lihat cat. --> Ayub 23:3;

    lihat cat. --> Ayub 29:2),

    [atau ref. Ayub 23:3; 29:2]

    yang menegaskan bahwa segala sesuatu di antara Tuhan dengan Ayub masih beres.
  2. 2) Tanggapan Tuhan kepada hamba-Nya Ayub melukiskan bahwa pada akhirnya Allah akan mendatangi semua orang yang dengan sungguh-sungguh dan tabah berseru kepada-Nya; bahkan jikalau doa kita bersumber dari hati yang bingung, ragu-ragu, kecewa, atau marah, Allah akhirnya akan menanggapi dengan kehadiran, hiburan, dan firman-Nya.
  3. 3) Aspek terpenting dalam hubungan kita dengan Allah bukanlah pemahaman intelektual mengenai semua jalan Allah, tetapi pengalaman dan realitas kehadiran-Nya ilahi serta keyakinan bahwa segala sesuatu beres di antara kita dengan Allah. Dalam persekutuan dengan Allah kita dapat menanggung pencobaan apa saja yang harus kita alami.

Full Life: Ayb 38:3 - BERSIAPLAH ENGKAU SEBAGAI LAKI-LAKI! Nas : Ayub 38:3 Kata-kata Allah kepada Ayub itu luar biasa baik karena apa yang dikatakan maupun yang tidak dikatakannya. 1) Sungguh mengheran...

Nas : Ayub 38:3

Kata-kata Allah kepada Ayub itu luar biasa baik karena apa yang dikatakan maupun yang tidak dikatakannya.

  1. 1) Sungguh mengherankan bahwa Ayub tidak pernah diberi tahu mengapa dirinya menderita. Ayub tidak pernah mengetahui bahwa penderitaannya mencakup masalah-masalah berat seperti integritas dan pembuktian pekerjaan penebusan Allah di antara umat manusia yang terjatuh

    (lihat cat. --> Ayub 1:8;

    lihat cat. --> Ayub 1:9).

    [atau ref. Ayub 1:8-9]

    Diamnya Allah mengenai hal ini menunjukkan bahwa alasan penderitaan Ayub bukanlah soal terpenting dalam kasus ini.
  2. 2) Allah juga tidak pernah mengacu kepada berbagai pernyataan Ayub yang sembrono dan keterlaluan dalam pembicaraannya. Allah tidak menegur Ayub dengan keras atau menuntut Ayub karena kebebalannya. Dia memahami dan bersimpati dengan penderitaan Ayub serta menimbang kata-kata dan perasaan Ayub dengan belas kasihan.

Full Life: Ayb 38:4 - DASAR BUMI. Nas : Ayub 38:4 Perkataan Allah hanya membahas dunia alami dari ciptaan dan alam. Ia melukiskan rahasia dan kerumitan semesta alam sambil menyataka...

Nas : Ayub 38:4

Perkataan Allah hanya membahas dunia alami dari ciptaan dan alam. Ia melukiskan rahasia dan kerumitan semesta alam sambil menyatakan bahwa caranya mengatur dunia jauh melampaui jangkauan pemahaman kita. Allah ingin Ayub mengerti bahwa kegiatan-Nya di alam semesta itu dapat dibandingkan dengan pemerintahan-Nya dalam tatanan moral dan rohani semesta alam ini, dan pengertian lengkap mengenai cara-cara Allah tidak akan dijumpai dalam hidup ini. Tetapi kitab Ayub menyatakan bahwa apabila semua kebenaran telah diketahui, cara-cara dan tindakan-tindakan Allah akan tampak sebagai adil dan benar.

Full Life: Ayb 38:4 - CERITAKANLAH KALAU ENGKAU MEMPUNYAI PENGERTIAN. Nas : Ayub 38:4 Allah menegur Ayub karena berbicara tanpa pengetahuan (ayat Ayub 38:2) dan merendahkan dia dengan membuat hamba-Nya yang menderita ...

Nas : Ayub 38:4

Allah menegur Ayub karena berbicara tanpa pengetahuan (ayat Ayub 38:2) dan merendahkan dia dengan membuat hamba-Nya yang menderita itu sadar bahwa nalar manusia bukan tandingan bagi Allah yang tak terbatas dan kekal (bd. Ayub 39:34-38). Tanpa menolak pernyataan Ayub mengenai integritas moralnya, Allah mempersoalkan gagasan Ayub bahwa Dia mungkin tidak memerintah dunia ini dengan adil (mis. pasal Ayub 21:1-34; Ayub 24:1-25). Tetapi Allah selanjutnya memastikan Ayub bahwa dalam dialognya dengan para penasihatnya, ia telah mengatakan yang benar tentang Allah (Ayub 42:7). Dengan kata lain, Allah menilai kesalahan pemahaman Ayub sebagai datangnya dari kekurangan pengertian dan bukan dari kegagalan iman atau kurang mengasihi Tuhan.

BIS: Ayb 38:6 - tiang-tiang tiang-tiang: Lihat Ayu 9:6.

tiang-tiang: Lihat Ayu 9:6.

BIS: Ayb 38:7 - makhluk-makhluk surga makhluk-makhluk surga: Lihat Ayu 1:6.

makhluk-makhluk surga: Lihat Ayu 1:6.

BIS: Ayb 38:8 - membendung samudra membendung samudra: Lihat Ayu 26:12.

membendung samudra: Lihat Ayu 26:12.

BIS: Ayb 38:36 - ibis ibis: Burung di Mesir kuno. Menurut kepercayaan kuno, burung itu dapat meramalkan saat Sungai Nil banjir.

ibis: Burung di Mesir kuno. Menurut kepercayaan kuno, burung itu dapat meramalkan saat Sungai Nil banjir.

Jerusalem: Ayb 38:1 - dari dalam badai Begitu penampakan Allah dahulu biasanya digambarkan dengan maksud menekankan kekuasaan Tuhan yang menakutkan, bdk Maz 18:8-16; 50:3; Nah 1:3; Yeh 1:4 ...

Begitu penampakan Allah dahulu biasanya digambarkan dengan maksud menekankan kekuasaan Tuhan yang menakutkan, bdk Maz 18:8-16; 50:3; Nah 1:3; Yeh 1:4 dst; bdk Kel 13:22+; Kel 19:16+

Jerusalem: Ayb 38:1 - TUHAN Sampai sekarang penulis Ayub dengan sengaja mencegah diri dari memakai nama diri Allahnya Israel, yaitu YHWH; bdk Kel 3:13+.

Sampai sekarang penulis Ayub dengan sengaja mencegah diri dari memakai nama diri Allahnya Israel, yaitu YHWH; bdk Kel 3:13+.

Jerusalem: Ayb 38:3 - sebagai laki-laki Dalam satu naskah Ibrani dan dalam terjemahan Siria terbaca: sebagai pahlawan (orang perkasa). Begitu pula dalam Ayu 40:7. Kini peranan terbaik: Tuhan...

Dalam satu naskah Ibrani dan dalam terjemahan Siria terbaca: sebagai pahlawan (orang perkasa). Begitu pula dalam Ayu 40:7. Kini peranan terbaik: Tuhan menantang dan mengajak Ayub membela diri.

Jerusalem: Ayb 38:6 - sendi-sendinya dilantak Bdk Ayu 26:7+.

Bdk Ayu 26:7+.

Jerusalem: Ayb 38:8 - Siapa telah membendung Begitulah menurut terjemahan latin Vulgata. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia telah membendung.

Begitulah menurut terjemahan latin Vulgata. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia telah membendung.

Jerusalem: Ayb 38:11 - -- Bdk Ayu 7:12; Maz 104:7+

Jerusalem: Ayb 38:11 - dihentikan Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: ia menaruh bagi/pada.

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: ia menaruh bagi/pada.

Jerusalem: Ayb 38:14 - tanah liat yang dimeteraikan Maksudnya: tanah liat yang diberi cap dengan meterai. Tanah liat itu kemerah-merahan warnanya

Maksudnya: tanah liat yang diberi cap dengan meterai. Tanah liat itu kemerah-merahan warnanya

Jerusalem: Ayb 38:14 - segala sesuatu berwarna Dalam naskah Ibrani tertulis: mereka berdiri tegak.

Dalam naskah Ibrani tertulis: mereka berdiri tegak.

Jerusalem: Ayb 38:15 - terangnya Terang itu bukannya terang siang hari, bdk Ayu 24:13-17, tetapi lambang hidup (sejahtera, bahagia); bdk Maz 17:15+.

Terang itu bukannya terang siang hari, bdk Ayu 24:13-17, tetapi lambang hidup (sejahtera, bahagia); bdk Maz 17:15+.

Jerusalem: Ayb 38:16 - sumber laut Laut dianggap mendapat airnya dari sumur, mata-mata di air di dasarnya.

Laut dianggap mendapat airnya dari sumur, mata-mata di air di dasarnya.

Jerusalem: Ayb 38:17 - pintu gerbang maut Ialah pintu gerbang dunia orang mati, bdk Bil 16:33+; Maz 6:6+. Juga disebut "gelap pekat", bdk Ayu 10:21-22.

Ialah pintu gerbang dunia orang mati, bdk Bil 16:33+; Maz 6:6+. Juga disebut "gelap pekat", bdk Ayu 10:21-22.

Jerusalem: Ayb 38:19 - terang Cahaya alamiah dipikirkan sebagai makhluk tersendiri, bdk Kel 1:4+, lepas dari matahari. tiap-tiap petang cahaya itu kembali ke "rumahnya" (gudang), l...

Cahaya alamiah dipikirkan sebagai makhluk tersendiri, bdk Kel 1:4+, lepas dari matahari. tiap-tiap petang cahaya itu kembali ke "rumahnya" (gudang), lalu keluarlah kegelapan.

Jerusalem: Ayb 38:26-27 - -- Kedua ayat ini memperlihatkan bahwa karya Allah dikerjakan tanpa pamrih dan Allah mengurus makhluk-makhluk lain juga, bukannya hanya manusia.

Kedua ayat ini memperlihatkan bahwa karya Allah dikerjakan tanpa pamrih dan Allah mengurus makhluk-makhluk lain juga, bukannya hanya manusia.

Jerusalem: Ayb 38:30 - membeku Dalam naskah Ibrani tertulis mundur/bersembunyi.

Dalam naskah Ibrani tertulis mundur/bersembunyi.

Jerusalem: Ayb 38:31 - bintang Kartika Bdk Ayu 9:9+.

Bdk Ayu 9:9+.

Jerusalem: Ayb 38:32 - Mintakulburuj Terjemahan ini tidak pasti.

Terjemahan ini tidak pasti.

Jerusalem: Ayb 38:36 - awan-awan Ada yang menterjemahkan bangau (jenis khusus yang terdapat di Mesir:Ibis) dan kata Ibrani yang di sini diterjemahkan dengan: gumpalan mendung diterjem...

Ada yang menterjemahkan bangau (jenis khusus yang terdapat di Mesir:Ibis) dan kata Ibrani yang di sini diterjemahkan dengan: gumpalan mendung diterjemahkan dengan: ayam jantan/jago. Binatang-binatang itu dianggap mempunyai pengetahuan gaib, sehingga memberitahukan kejadian sebelum terjadi. Bangau memberitahukan bahwa air sungai Nil akan naik dan meluap dan ayam jantan memberi tahukan terbitnya matahari.

Ende: Ayb 38:1 - dari dalam taufan Penampakan Allah biasanja disertai taufan dan gemuruh dalam Perdjandjian Lama.

Penampakan Allah biasanja disertai taufan dan gemuruh dalam Perdjandjian Lama.

Ende: Ayb 38:4-11 - -- Lukisan ini sesuai dengan anggapan Jahudi mengenai susunan alam.

Lukisan ini sesuai dengan anggapan Jahudi mengenai susunan alam.

Ende: Ayb 38:13 - orang2 djahat dikebaskan Orang djahat bekerdja dimalam hari, hingga mereka berhenti pada terbitnja fadjar, jang disini diperorangkan.

Orang djahat bekerdja dimalam hari, hingga mereka berhenti pada terbitnja fadjar, jang disini diperorangkan.

Ende: Ayb 38:14 - tanah liat meterai Meterai dibuat dari tanah liat jang berwarna kemerah2an. Fadjar itu membuat bumi berwarna itu.

Meterai dibuat dari tanah liat jang berwarna kemerah2an. Fadjar itu membuat bumi berwarna itu.

Ende: Ayb 38:17 - maut ... kekelaman ialah pratala.

ialah pratala.

Ende: Ayb 38:31-32 - -- Nama bintang2 ini tiada pasti.

Nama bintang2 ini tiada pasti.

Ende: Ayb 38:33 - mengenakan rasinja Menurut anggapan kuno bintang2 dan rasinja menentukan kedjadian2 diatas bumi dan mengatur musim2.

Menurut anggapan kuno bintang2 dan rasinja menentukan kedjadian2 diatas bumi dan mengatur musim2.

Ende: Ayb 38:36 - -- Bangau (Ibis) dan djago menurut anggapan rakjat mempunjai daja untuk memberitahukan sesuatu sebelum terdjadi, jakni bertambahnja sungai Nil di Mesir d...

Bangau (Ibis) dan djago menurut anggapan rakjat mempunjai daja untuk memberitahukan sesuatu sebelum terdjadi, jakni bertambahnja sungai Nil di Mesir dan datangnja fadjar. Tetapi kedua kata ini tiada pasti sama sekali.

Ende: Ayb 38:38 - -- Jakni karena kekeringan musim panas.

Jakni karena kekeringan musim panas.

Endetn: Ayb 38:8 - siapakah diperbaiki menurut terdjemahan Latin. Tertulis: "ia".

diperbaiki menurut terdjemahan Latin. Tertulis: "ia".

Endetn: Ayb 38:10 - Kutetapkan diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tidak terang.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tidak terang.

Endetn: Ayb 38:11 - petjah diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "berdiri lawan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "berdiri lawan".

Endetn: Ayb 38:14 - nampak berwarna diperbaiki. Tertulis: "berdiri".

diperbaiki. Tertulis: "berdiri".

Endetn: Ayb 38:24 - kabut diperbaiki. Tertulis: "tjahaja".

diperbaiki. Tertulis: "tjahaja".

Endetn: Ayb 38:30 - membeku diperbaiki. Tertulis: "mundur".

diperbaiki. Tertulis: "mundur".

Endetn: Ayb 38:34 - patuh kepadamu diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "membandjirimu".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "membandjirimu".

Ref. Silang FULL: Ayb 38:1 - dalam badai // menjawab Ayub · dalam badai: Kel 14:21; Kel 14:21; 1Sam 2:10; 1Sam 2:10; Ayub 40:1; Yes 21:1; Yeh 1:4 · menjawab Ayub: Ayub 11:5; Ayub 11:5

· dalam badai: Kel 14:21; [Lihat FULL. Kel 14:21]; 1Sam 2:10; [Lihat FULL. 1Sam 2:10]; Ayub 40:1; Yes 21:1; Yeh 1:4

· menjawab Ayub: Ayub 11:5; [Lihat FULL. Ayub 11:5]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:2 - menggelapkan keputusan // tidak berpengetahuan · menggelapkan keputusan: 1Raj 22:5; 1Raj 22:5; Yes 40:13 · tidak berpengetahuan: Ayub 34:35; Ayub 34:35; Mr 10:38; 1Tim 1:7

· menggelapkan keputusan: 1Raj 22:5; [Lihat FULL. 1Raj 22:5]; Yes 40:13

· tidak berpengetahuan: Ayub 34:35; [Lihat FULL. Ayub 34:35]; Mr 10:38; 1Tim 1:7

Ref. Silang FULL: Ayb 38:3 - memberitahu Aku · memberitahu Aku: Ayub 40:2; 42:4; Mr 11:29

· memberitahu Aku: Ayub 40:2; 42:4; Mr 11:29

Ref. Silang FULL: Ayb 38:4 - dasar bumi // mempunyai pengertian · dasar bumi: Ayub 38:5; Ayub 38:5; Kej 1:1; Kej 1:1; 1Sam 2:8; 1Sam 2:8 · mempunyai pengertian: Ayub 38:18; Ayub 34:13; Ayub 34:13; Ams...

· dasar bumi: Ayub 38:5; [Lihat FULL. Ayub 38:5]; Kej 1:1; [Lihat FULL. Kej 1:1]; 1Sam 2:8; [Lihat FULL. 1Sam 2:8]

· mempunyai pengertian: Ayub 38:18; Ayub 34:13; [Lihat FULL. Ayub 34:13]; Ams 30:4

Ref. Silang FULL: Ayb 38:5 - menetapkan ukurannya // tali pengukur · menetapkan ukurannya: Ayub 38:4; Mazm 102:26; Ams 8:29; Yes 40:12; 48:13; Yer 31:37 · tali pengukur: Yer 31:39; Za 1:16; 4:9-10

· menetapkan ukurannya: Ayub 38:4; Mazm 102:26; Ams 8:29; Yes 40:12; 48:13; Yer 31:37

· tali pengukur: Yer 31:39; Za 1:16; 4:9-10

Ref. Silang FULL: Ayb 38:6 - sendi-sendinya dilantak // batu penjurunya · sendi-sendinya dilantak: Ams 8:25 · batu penjurunya: Ayub 26:7; Ayub 26:7

· sendi-sendinya dilantak: Ams 8:25

· batu penjurunya: Ayub 26:7; [Lihat FULL. Ayub 26:7]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:7 - waktu bintang-bintang // bersorak-sorak bersama-sama // semua anak // Allah bersorak-sorai · waktu bintang-bintang: Kej 1:16; Kej 1:16 · bersorak-sorak bersama-sama: Mazm 19:2-5; 148:2-3 · semua anak: 1Raj 22:19; 1Raj 22...

· waktu bintang-bintang: Kej 1:16; [Lihat FULL. Kej 1:16]

· bersorak-sorak bersama-sama: Mazm 19:2-5; 148:2-3

· semua anak: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]

· Allah bersorak-sorai: Ul 16:15; [Lihat FULL. Ul 16:15]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:8 - dengan pintu // rahim · dengan pintu: Ayub 38:11; Mazm 33:7; Ams 8:29; Yer 5:22 · rahim: Kej 1:9-10; Kej 1:9; Kej 1:10

· dengan pintu: Ayub 38:11; Mazm 33:7; Ams 8:29; Yer 5:22

· rahim: Kej 1:9-10; [Lihat FULL. Kej 1:9]; [Lihat FULL. Kej 1:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:9 - dan kekelaman · dan kekelaman: Kej 1:2; Kej 1:2

· dan kekelaman: Kej 1:2; [Lihat FULL. Kej 1:2]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:10 - menetapkan batasnya // dan memasang · menetapkan batasnya: Ayub 28:25; Ayub 28:25; Mazm 33:7; 104:9; Yes 40:12 · dan memasang: Neh 3:3; Ayub 7:12; 26:10

· menetapkan batasnya: Ayub 28:25; [Lihat FULL. Ayub 28:25]; Mazm 33:7; 104:9; Yes 40:12

· dan memasang: Neh 3:3; Ayub 7:12; 26:10

Ref. Silang FULL: Ayb 38:11 - jangan lewat // akan dihentikan · jangan lewat: Ayub 38:8; Ayub 38:8 · akan dihentikan: Mazm 65:8; 89:10; 104:6-9

· jangan lewat: Ayub 38:8; [Lihat FULL. Ayub 38:8]

· akan dihentikan: Mazm 65:8; 89:10; 104:6-9

Ref. Silang FULL: Ayb 38:12 - datang dinihari // kautunjukkan tempatnya · datang dinihari: Mazm 57:9 · kautunjukkan tempatnya: Mazm 74:16; Am 5:8

· datang dinihari: Mazm 57:9

· kautunjukkan tempatnya: Mazm 74:16; Am 5:8

Ref. Silang FULL: Ayb 38:13 - orang-orang fasik // dari padanya · orang-orang fasik: Mazm 104:35 · dari padanya: Ayub 8:22; Ayub 8:22

· orang-orang fasik: Mazm 104:35

· dari padanya: Ayub 8:22; [Lihat FULL. Ayub 8:22]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:14 - yang dimeteraikan · yang dimeteraikan: Kel 28:11

· yang dimeteraikan: Kel 28:11

Ref. Silang FULL: Ayb 38:15 - dirampas terangnya // dan dipatahkan · dirampas terangnya: Ul 28:29; Ul 28:29; Ayub 15:22; Ayub 15:22; Ayub 18:5; Ayub 18:5 · dan dipatahkan: Kej 17:14; Kej 17:14; Ayub 4:...

· dirampas terangnya: Ul 28:29; [Lihat FULL. Ul 28:29]; Ayub 15:22; [Lihat FULL. Ayub 15:22]; Ayub 18:5; [Lihat FULL. Ayub 18:5]

· dan dipatahkan: Kej 17:14; [Lihat FULL. Kej 17:14]; Ayub 4:10; [Lihat FULL. Ayub 4:10]; Ayub 31:22; [Lihat FULL. Ayub 31:22]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:16 - dasar samudera · dasar samudera: Kej 1:7; Kej 1:7; Ayub 9:8; Ayub 9:8

· dasar samudera: Kej 1:7; [Lihat FULL. Kej 1:7]; Ayub 9:8; [Lihat FULL. Ayub 9:8]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:17 - gerbang maut // kelam pekat · gerbang maut: Ayub 33:22; Ayub 33:22; Mat 16:18; Wahy 1:18 · kelam pekat: Ayub 7:9; Ayub 7:9

· gerbang maut: Ayub 33:22; [Lihat FULL. Ayub 33:22]; Mat 16:18; Wahy 1:18

· kelam pekat: Ayub 7:9; [Lihat FULL. Ayub 7:9]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:18 - luasnya bumi // semuanya itu · luasnya bumi: Ayub 28:24; Ayub 28:24; Yes 40:12 · semuanya itu: Ayub 38:4; Ayub 38:4

· luasnya bumi: Ayub 28:24; [Lihat FULL. Ayub 28:24]; Yes 40:12

· semuanya itu: Ayub 38:4; [Lihat FULL. Ayub 38:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:19 - tempat tinggal · tempat tinggal: Kej 1:4; Kej 1:4; Ayub 28:3; Ayub 28:3; Mazm 139:11-12

· tempat tinggal: Kej 1:4; [Lihat FULL. Kej 1:4]; Ayub 28:3; [Lihat FULL. Ayub 28:3]; Mazm 139:11-12

Ref. Silang FULL: Ayb 38:20 - mengetahui jalan-jalan · mengetahui jalan-jalan: Ayub 24:13; Ayub 24:13

· mengetahui jalan-jalan: Ayub 24:13; [Lihat FULL. Ayub 24:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:21 - telah lahir · telah lahir: Ayub 15:7

· telah lahir: Ayub 15:7

Ref. Silang FULL: Ayb 38:22 - perbendaharaan salju // melihat perbendaharaan // hujan batu · perbendaharaan salju: Ayub 37:6; Ayub 37:6 · melihat perbendaharaan: Ul 28:12; Ul 28:12 · hujan batu: Mazm 105:32; 147:17

· perbendaharaan salju: Ayub 37:6; [Lihat FULL. Ayub 37:6]

· melihat perbendaharaan: Ul 28:12; [Lihat FULL. Ul 28:12]

· hujan batu: Mazm 105:32; 147:17

Ref. Silang FULL: Ayb 38:23 - masa kesesakan // dan peperangan · masa kesesakan: Mazm 27:5; Yes 28:17; 30:30; Yeh 13:11 · dan peperangan: Kel 9:26; Yos 10:11; Yeh 13:13; Wahy 16:21

· masa kesesakan: Mazm 27:5; Yes 28:17; 30:30; Yeh 13:11

· dan peperangan: Kel 9:26; Yos 10:11; Yeh 13:13; Wahy 16:21

Ref. Silang FULL: Ayb 38:24 - terang berpencar // angin timur // atas bumi · terang berpencar: Ayub 28:24; Ayub 28:24 · angin timur: Ayub 27:21; Ayub 27:21 · atas bumi: Yer 10:13; 51:16

· terang berpencar: Ayub 28:24; [Lihat FULL. Ayub 28:24]

· angin timur: Ayub 27:21; [Lihat FULL. Ayub 27:21]

· atas bumi: Yer 10:13; 51:16

Ref. Silang FULL: Ayb 38:25 - kilat guruh · kilat guruh: Ayub 28:26

· kilat guruh: Ayub 28:26

Ref. Silang FULL: Ayb 38:26 - memberi hujan // tidak didiami · memberi hujan: Ayub 36:27 · tidak didiami: Mazm 84:7; 107:35; Yes 41:18

· memberi hujan: Ayub 36:27

· tidak didiami: Mazm 84:7; 107:35; Yes 41:18

Ref. Silang FULL: Ayb 38:27 - pucuk-pucuk rumput · pucuk-pucuk rumput: Ayub 28:26; Ayub 28:26; Ayub 37:13; Ayub 37:13; Mazm 104:14; Mazm 104:14

· pucuk-pucuk rumput: Ayub 28:26; [Lihat FULL. Ayub 28:26]; Ayub 37:13; [Lihat FULL. Ayub 37:13]; Mazm 104:14; [Lihat FULL. Mazm 104:14]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:28 - itu berayah · itu berayah: 2Sam 1:21; 2Sam 1:21; Ayub 5:10; Ayub 5:10

· itu berayah: 2Sam 1:21; [Lihat FULL. 2Sam 1:21]; Ayub 5:10; [Lihat FULL. Ayub 5:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:29 - di langit · di langit: Mazm 147:16-17

· di langit: Mazm 147:16-17

Ref. Silang FULL: Ayb 38:30 - raya mengeras · raya mengeras: Ayub 37:10

· raya mengeras: Ayub 37:10

Ref. Silang FULL: Ayb 38:31 - bintang Belantik · bintang Belantik: Ayub 9:9; Am 5:8

· bintang Belantik: Ayub 9:9; Am 5:8

Ref. Silang FULL: Ayb 38:32 - menerbitkan Mintakulburuj // dengan pengiring-pengiringnya · menerbitkan Mintakulburuj: 2Raj 23:5; Yes 13:10; 40:26; 45:12; Yer 19:13 · dengan pengiring-pengiringnya: Kej 1:16; Kej 1:16

· menerbitkan Mintakulburuj: 2Raj 23:5; Yes 13:10; 40:26; 45:12; Yer 19:13

· dengan pengiring-pengiringnya: Kej 1:16; [Lihat FULL. Kej 1:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:33 - mengetahui hukum-hukum // bagi langit · mengetahui hukum-hukum: Mazm 148:6; Yer 31:36 · bagi langit: Kej 1:16; Kej 1:16

· mengetahui hukum-hukum: Mazm 148:6; Yer 31:36

· bagi langit: Kej 1:16; [Lihat FULL. Kej 1:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:34 - awan-awan, sehingga banjir · awan-awan, sehingga banjir: Ayub 5:10; Ayub 5:10; Ayub 22:11; Ayub 22:11

· awan-awan, sehingga banjir: Ayub 5:10; [Lihat FULL. Ayub 5:10]; Ayub 22:11; [Lihat FULL. Ayub 22:11]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:35 - sehingga sabung-menyabung · sehingga sabung-menyabung: Ayub 36:32; Ayub 36:32

· sehingga sabung-menyabung: Ayub 36:32; [Lihat FULL. Ayub 36:32]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:36 - menaruh hikmat // memberikan pengertian · menaruh hikmat: Ayub 9:4; Ayub 9:4; Ayub 34:32; Ayub 34:32; Yak 1:5 · memberikan pengertian: Ayub 12:13; Ayub 12:13

· menaruh hikmat: Ayub 9:4; [Lihat FULL. Ayub 9:4]; Ayub 34:32; [Lihat FULL. Ayub 34:32]; Yak 1:5

· memberikan pengertian: Ayub 12:13; [Lihat FULL. Ayub 12:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:37 - mencurahkan tempayan-tempayan // langit · mencurahkan tempayan-tempayan: Yos 3:16; Yos 3:16 · langit: Ayub 22:11; Ayub 22:11

· mencurahkan tempayan-tempayan: Yos 3:16; [Lihat FULL. Yos 3:16]

· langit: Ayub 22:11; [Lihat FULL. Ayub 22:11]

Ref. Silang FULL: Ayb 38:38 - debu membeku // tanah berlekat-lekatan · debu membeku: Im 26:19; Im 26:19 · tanah berlekat-lekatan: 1Raj 18:45

· debu membeku: Im 26:19; [Lihat FULL. Im 26:19]

· tanah berlekat-lekatan: 1Raj 18:45

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 38:1--39:30 - Hikmat dan misteri (Sabtu, 17 Agustus 2002) Hikmat dan misteri Setelah Elihu menegaskan bahwa Allah tak dapat ditemui (ayat 37:23), kita dikejutkan dengan kehadiran Yahweh. Kehadiran Allah seak...

SH: Ayb 38:1-38 - Manusia vs Allah (Sabtu, 23 Agustus 2003) Manusia vs Allah Ketika pada akhirnya Ayub melayangkan gugatan kepada Allah (ayat 31:35), Ayub telah bertindak seolah ia mengerti masalah p...

SH: Ayb 38:1-38 - Pencipta yang peduli (Senin, 12 Desember 2005) Pencipta yang peduli Jawaban Allah atas pergumulan Ayub sungguh mencengangkan. Ia sama sekali tidak menyinggung moralitas Ayub baik dengan mem...

SH: Ayb 38:1--39:30 - Misteri Allah, Sang Pencipta (Senin, 19 Desember 2016) Misteri Allah, Sang Pencipta Jika Perjanjian Lama menceritakan kedatangan Tuhan dengan tanda badai, maka penulis Alkitab ingin menggambarkan kemahaku...

SH: Ayb 38:1--39:27 - Tak Selamanya Tuhan Bungkam (Selasa, 13 Juni 2023) Tak Selamanya Tuhan Bungkam Banyak peristiwa yang tak dapat kita pahami: Mengapa itu terjadi? Kita mencari jawabannya, tetapi kita tak kunjung menemu...

SH: Ayb 38:22-23 - Kuasa Allah atas alam (Sabtu, 30 Januari 2010) Kuasa Allah atas alam Dengan teleskop yang super kuat, para astronom menyaksikan berbagai gejala alam dahsyat yang terjadi nun jauh di sana. Bar...

Topik Teologia: Ayb 38:1 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:2 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Ekspresi Kehendak Allah Kehendak-Nya Separuh Terselub...

Topik Teologia: Ayb 38:3 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:13 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:14 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:16 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:17 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Ekspresi Kehendak Allah Kehendak-Nya Separuh Terselub...

Topik Teologia: Ayb 38:19 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:21 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Ekspresi Kehendak Allah Kehendak-Nya Separuh Terselub...

Topik Teologia: Ayb 38:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:23 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:24 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Ekspresi Kehendak Allah Kehendak-Nya Separuh Terselub...

Topik Teologia: Ayb 38:25 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:28 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 A...

Topik Teologia: Ayb 38:29 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Melahirkan Ula 32:18 Ayu 38:28-29 Yes 46:3-4 Peke...

Topik Teologia: Ayb 38:30 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:31 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:32 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:34 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

Topik Teologia: Ayb 38:35 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Kehendak-Nya Separuh Terselubung Ula 29:29 Ayu 3:23 Ayu 9:10 Ayu 28:20-27 Ayu 38:1-38 Ayu 39:1-3 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.80 detik
dipersembahkan oleh YLSA